RSS

Mengenang Franky Sahilatua

23 Apr

Berita duka tengah menyelimuti Bangsa Indonesia, seorang putra terbaik bangsa ini telah meninggalkan duka yg sangat dalam kepada kita semua. penyanyi balada yang bernama lengkap Franky Hubert Sahilatua wafat pada 20 April 2011 pada umur 57 tahun. Namanya dikenal publik sejak paruh kedua dekade 1970-an, ketika ia berduet bersama adiknya, Jane Sahilatua, dengan nama Franky & Jane. Duet ini sempat menghasilkan lima belas album, semuanya di bawah Jackson Record.

Penyanyi kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 57 tahun silam itu, juga mengisahkan kehidupan sehari-hari. Franky juga menulis lagu bersarat kritik sosial. Ini mungkin menjadi bentuk kesaksian dirinya atas perjalanan bangsa Indonesia. Sebab, karya Franky seperti melintasi zaman, menembus waktu, dan seakan tak berhenti memberikan kesaksian.

Sekitar 100 lagu sudah dibuat Franky. Sebanyak 15 album dihasilkan bersama Jane. Namun, sejak Jane memutuskan mengurus rumah tangga, Franky tetap bersolo karier. Saat itulah Franky terus bermetaforsa secara musikal.

Perjalanan dan pergulatan hidup Franky juga bergesekan dengan dunia politik. Dia misalnya ikut terlibat dalam gerakan peralihan Orde Baru menuju Reformasi serta dalam gerakan antikorupsi.

Franky juga sempat berkolaborasi dengan seniman-seniman krtis, seperti Iwan Fals. Dia juga berkarya bersama dengan Emha Ainun Nadjib melahirkan karya berjudul Perahu Retak. Sebuah karya yang berisi protes atas ketidakadilan.

Setelah melintasi zaman, bersaksi lewat lagu, Franky akhirnya berpulang. Pencipta lagu Kemesraan itu tak berdaya mengikuti laju waktu. Dia tak kuasa menghadapi penyakit kanker sumsum tulang belakang yang dalam beberapa tahun terakhir dideritanya.

Franky wafat di usia 57 tahun, di samping keluarga, antara lain Theodora Joveva Uneputi Sahilatua (ibu), Harwantiningroem (istri), Ken Noorca (anak), Jane Sahilatua (adik), Johny Sahilatua (adik), dan sejumlah sahabat. Dia meninggalkan karya yang tetap abadi dalam sejarah musik Indonesia. Meninggalkan semangat untuk membawa bangsa ini lebih baik dan lebih baik lagi

selamat jalan putra terbaik bangsaku untuk menghadap sang penciptan semoga engkau diterima disisinya sesuai dengan amal ibadahmu dan sudah selayaknya engkau mendapatkan anugerah penghargaan sebagai pahlawan seniman dan budaya atas karya2mu yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme agar perduli pada rakyat indonesia yang masih hidup dibawah garis kemiskinan dimana negara indonesia ini yang kaya raya, gemah ripah lohjinawi tetapi masih ada rakyat indonesia yang miskin bahkan untuk makanpun tidak mampu, selamat jalan saudaraku,sahabatku franky sahilatua, kami sebagai anak bangsa indonesia ini akan melanjutkan perjuanganmu.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 23 April 2011 in Duka

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: